Cara Membuat Konverter Arus AC ke DC Sendiri

Cara Membuat Konverter Arus AC ke DC Sendiri

Arus listrik yang berasal dari PLN merupakan arus AC / arus bolak balik. Distribusi arus AC memang diperlukan untuk memberikan kekuatan besar untuk keperluan listrik yang relative tidak dapat diatur. Sementara untuk menjalankan berbagai alat elektronik yang ada di rumah diperlukan arus DC / arus searah. Itu artinya untuk dapat menggunakan alat elektronik tsb, Anda perlu menggunakan sumber arus DC seperti batu baterai, dll. Atau bila Anda ingin menggunakan sumber listrik PLN maka Anda perlu mengubah arus AC menjadi arus DC menggunakan konverter arus AC ke DC.
Mengubah arus AC menjadi arus DC tentunya akan lebih hemat dibandingkan harus membeli batu baterai terus-terusan. Selain itu membuat konverter arus AC ke DC sendiri dapat mengasah keahlian elektronika Anda. Pertanyaannya bagaimana cara membuat konverter arus AC ke DC sendiri?

cara mengubah arus AC menjadi arus DC
Rangkaian Konverter Arus AC ke DC

Alat Yang Diperlukan Untuk Membuat Konverter Arus AC ke DC Sendiri


1. Trafo / Transformer
Sebuah trafo memiliki 2 gulungan magnetis yaitu gulungan primer dan sekunder yang berfungsi sebagai penurun tegangan dalam konverter arus AC / DC.

2. Dioda Bridge
Diode bridge (jembatan dioda) merupakan penyearah gelombang dalam sebuah konverter arus AC / DC. Komponen inti terdiri dari 4 buah dioda yang dihubungkan dengan cara menghubungkan dioda no.1 ke katoda diode no.2, lalu hubungkan anoda diode no. 2 ke katoda diode no.3, selanjutnya hubungkan anoda diode no.3 ke anoda diode no.4, dan katoda diode no.4 dihubungkan dengan anoda diode no.1. (untuk lebih jelasnya lihat gambar di atas).

3. Kapasitor
Gunakan kapasitor terpolarisasi.

4. IC / Regulator
IC dalam konverter arus AC / DC berfungsi sebagai pengontrol tegangan output.


Cara Membuat Konverter Arus AC / DC Sendiri


1. Hubungkan gulungan primer pada trafo denga sumber listrik PLN lalu hubungkan gulungan sekundernya katoda dioda no.3 dan katoda diode no.4.

2. Hubungkan output positif yaitu gabungan katoda diode no.1 dan no.2 dengan terminal positif kapasitor.

3. Lalu hubungkan output negatif yaitu gabungan anoda diode no.3 dan no.4 ke pin pertama IC regulator.

4. Hubungkan pin kedua IC dengan ground.

5. Hubungkan pin ketiga dengan alat elektronik yang membutuhkan arus DC. 
Baca juga: Cara Mudah Memperbaiki Jam Dinding Sendiri

Itulah cara membuat konverter arus AC / DC sendiri di rumah, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar rangkaian elektronika di atas, semoga bermanfaat …

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Membuat Konverter Arus AC ke DC Sendiri

3 komentar:

  1. Klo misal hasil keluaran 220v tak kasih adaptor AC ke DC trus disambungkan ke "aki" (seolah2 ada dari aki) trus akinya dicopot, mungkin tidak, seperti siklus yg tak pernah habis? (DC ke AC ke DC trus demikian)

    ReplyDelete
  2. tidak bisa. suatu saat akan padam sendiri. karena tiap konversi dari AC ke DC ada efisiensinya dan juga sebaliknya DC ke AC juga ada efisiensinya. Tidak ada efesiensi yang 100%. Pasti ada daya / panas yang terbuang.

    ReplyDelete
  3. kalo komputer pribadi dirubah pake dc aman ga ya?

    ReplyDelete