Perbedaan Inverter dan Konverter Serta Fungsinya

Tempatnya para hobies elektronika mencari inspirasi

Perbedaan Inverter dan Konverter Serta Fungsinya

Perbedaan inverter dan konverter serta fungsinya. Mengenal component serta fungsi pada elektronika merupakan pelajaran dasar untuk menjadi seorang elektro hebat di sini admine akan menguraikan pengertian inverter dan koverter.

Untuk pemula pasti bingung membedakan mana inverter serta converter apalagi jika di Tanya fungsinya meskipun nama keduanya mirip namun fungsinya berbeda jauh gan. Sebelum memulai pembahasan saya anjurkan kalian mengerti dahulu perbedaan arus DC (direct current) dan AC (alternating current) agar tidak bingung nantinya.

INVERTER
Inverter adalah suatu alat di elektronika yang mampu merubah arus DC (direct current) menjadi AC (alternating current) atau sebaliknya yang memiliki efektivitas yang sama. Biasanya output inverter dapat di rubah sesuai kemauan namun di batasi max dari kapasitas inverter sendiri dan input yang di berikan. Berdasarkan sumber tegangannya inverter dapat di bagi menjadi 3 macam yakni inverter chopper, inverter penyearah terkontrol dan inverter PWM.

FUNGSI INVERTER
Fungsi inverter di sekitar kita yakni charger HP pada system charger HP pasti arus yang di masukkan AC dan di keluarkan menjadi DC tanpa cara kerja inverter pasti baterai kalian akan rusak. Dari sini kita dapat melihat arus yang awalnya AC 220V dapat di ubah menjadi DC 5v selain dapat merubah arus AC menjadi DC inverter juga bisa memperkecil dan menstabilkan arus keluaran. Ini masih contoh kecil di sekitar kita masih ada banyak contoh lainnya.

KONVERTER
Konverter adalah alat elektronika yang dapat mengkonverensi arus ouput DC atau AC gampangnya dapat merubah nilai arus output. Misalkan saja pada suatu rangkaian kita membutuhkan arus DC 12v serta input 14 seperti ini kita membutuhkan konverter.

FUNGSI KONVERTER
Untuk fungsi konverter kita ambil contoh saja arus genset jika kita langsung menaruh arus genset pada lampu atau beban lainnya pasti akan cepat rusak karena arus dari genset tidak stabil jika kita menggunakan konverter pada rangkaian sebelum beban maka arus nya akan stabil misalnya arus genset 110v namun tidak stabil kita ingin merubahnya menjadi 24v taruh rangkaian setelah genset agar aman.


Sekiranya sudah banyak tulisan tentang perbedaan dan fungsi inverter dan konverter semoga dapat memambah ilmu kalian di bidang elektronika. Baja juga artikel lainnya untuk membantu kalian atau mungkin kalian punya pengalaman bisa kirimkan di e-mail saya. Saling berbagi itu indah terima kasih

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Perbedaan Inverter dan Konverter Serta Fungsinya

5 komentar:

Post a Comment