Membuat Lampu LED Sederhana dari Kipas Gantung Bekas

Membuat Lampu LED Sederhana dari Kipas Gantung Bekas

Membuat lampu LED sederhana dari kipas gantung bekas. Sudah banyak web yang membuat tutorial tentang lampu led dengan berbagai macam rangkaian serta beberapa cara di sini admine akan memberi trik murah dengan membuat lampu dari barang bekas. Barang bekas yang saya pakek disini kipas gantung bekas atau kalian bisa membuatnya dari bahan yang lain namun mempunyai prinsip kerja sama dengan kipas gantung.

Sebelum kita memulainya bisa kita pelajari sebentar tentang cara kerja kerja kipas gantung agar kalian bisa mencari persamaannya. Kipas gantung kecil dengan tegangan AC 220V, namun kipas ini tidak menerapkan system kumparan “start and run“ di mana selalu disertai dengan sebuah kondensator dan menggunakan system magnet permanent di dalamnya sehingga putaran di atur sama kumparan magnet serta tegangan yang masuk.

Kan pada putaran kipas normal saat di beri tegangan berputar ke kanan namun jika kipas tidak di berikan arus lalu kalian putar berlawanan arah (ke kiri) maka kipas akan memberikan arus cara ini yang kita manfaatkan untuk membuat lampu LED.

Lihat gambar di bawah ini:

Dari gambar di atas kita bisa menmyiapkan bahan terlebih dahulu yakni
  • Empat buah dioda 1N4007 dan di rangkai menjadi dioda bridge.
  • Elco bisa mencari di barang bekas rangkaian radio.
  • Generator atau kipas gantung kecil.
  • 3 sampai 6 buah lampu LED untuk bahan percobaan.

Jika semua bahan sudah siap bisa kita mulai menguikuti langkah yang ada di gambar untuk pembuatan lampu LED pertama kita potong stop kontak pada kipas gantung untuk menambahkan component lain di sini. Untuk pertama bisa kalian coba dengan menyambungkan 2 lampu LED terlebih dahulu lalu putar ke arah kiri dengan kencang jika lampu LED berkedip maka berfungsi dengan baik (gambar B).

Kenapa lampu LED berkedip saat di putar ke kiri? Ini disebabkan tegangan yang dihasilkan berbentuk AC, yaitu satu denyut positif dan satu denyut negatif. Sekarang kalian harus membuat tegangan DC stabil tanpa denyut agar lampu LED menyala stabil dan terlihat bagus.

Setelah itu lepas kembali 2 lampu LED buat percobaan tadi dan pasang 4 dioda yang sudah di rangkai menjadi dioda BRIDGE serta tambahkan elco pada lihat gambar C untuk jelasnya setelah itu coba putar kembali kea rah kiri dengan kuat serta terus menerus atau kalian bisa memasang baling-balingnya kembali dan putar dengan tenaga angin jika lampu LED menyala stabil berarty rangkaian kalian sukses.

Kenapa lampu LED tak berkedip lagi? Karena tadi pas pertama bahan percobaan klita masih menggunakan arus AC dengan denyut positife dan negative setelah kalian menambah diode bridge serta elco tegangan yang keluar ke lampu LED menjadi DC stabil.

Sekiranya sudah cukup tutorial membuat lampu LED sederhana dari kipas gantung bekas untuk fungsi bisa kalian gunakan sebagai hiasan rumah missal memanfaatkan angin di atas rumah untuk memutar baling-baling dan lampu LED akan menyala dengan sendirinya atau hal laian yang lebih menarik kawan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Lampu LED Sederhana dari Kipas Gantung Bekas

0 komentar:

Post a Comment

close