Membuat Charger Baterai Kering/Tabung dari Charger HP

Membuat Charger Baterai Kering/Tabung dari Charger HP

Membuat charger baterai kering dari charger hp – Bagi sobat yang masih bingung dengan baterai tabung yang sering habis untuk hal tertentu akan saya kasih solusinya dengan mudah. Jika kalian memiliki charger hp bekas yang rusak dapat di karyakann menjadi charger baterai tabung/kering.

Saat kalian membeli baterai kering di toko pasti tidak di lengkapi dengan charging oleh karenan itu kalian dapat membuat sendiri dari charger HP bekas yang di modif rangkaiannya agar bisa di isi dengan baterai tabung tersebut.

Hampir semua charger HP bekas dapat di gunakan di sini karena memiliki spesifikasi tegangan voltase 5 sampai 7 volt, arus listrik DC antara 200 mili amper sampai dengan 350 mili amper  sangat pas untuk baterai tabung/kering.

Cara membuatnya hanya memerlukan tempat baterai kering/tabung yang biasanya di toko electronik di sebut box baterai  atau mungkin kalian dapat mengambil bekas untuk baterai box biasanya variasi lebih baik yang isi  2 karena charger nantinya lebih optimal.

Dan bahan kedua nya yaitu charger yang tak terpakai segala merk hp dan berbagai ukuran dapat di gunakan. Untuk rangkaiannya bisa lihat gambar di bawah ini:

Dari gambar di atas kalian dapat merangkai  charger baterai kering berikut langkah-langkahnya:
  1. Dari charger hp yang tak terpakai tadi potong kabel nya dan kupas penutup kabelnya hingga terlihat dagingnya
  2. Cari kutup positif dan negative menggunakan multitester agar tidak terjaddi kesalahan saat charging nantinya. Jika warna kabel sudah mengetahui kutup positife dan negative akan lebih mudah
  3. Kemudian hubungkan kabel yang sudah di kupas tadi ke batrai box harus sesuai kutupnya kemudian solder agar aman
Untuk berapa lama pengisiannya tergantung dari kapasitas baterai yang akan di charger misalnya batarai AB memiliki kapasitas 1000 mili ampere serta charger kalian 250 ma maka kan membutuhkan waktu 4 jam. Untuk melihat kapasitas baterai bisa di lihat di body baterai tersebut.

Cukup sekian uraian cara membuat charger baterai kering/tabung  dari charger bekas semoga bermanfaat siulahkan komentar jika ingin ada masukan atau menanyakan sesuatu.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Membuat Charger Baterai Kering/Tabung dari Charger HP

0 komentar:

Post a Comment

close