Inverter 12 Volt DC Menjadi 220 Volt AC 1000 Watt dari Barang Bekas

Inverter 12 Volt DC Menjadi 220 Volt AC 1000 Watt dari Barang Bekas

Sobat hobbi electro kali ini admine ingin berbagi tentang membuat inverter 12 volt DC menjadi 220 volt AC 1000 watt dari beberapa barang bekas. Rangkaiannya cukup simple dan bebrapa barang bisa di cari bekas.

Bahan utama yang di butuhkan:
  • Trafo 12V CT minimum 10 Amp boleh lebih jika ada bekas dari UPS lebih bagus juga. Atau dari elektronik bekas lainnya.
  • Transistor power mosfet IRFZxx bisa juga memakai persamaan nya  IRFZ44 dua buah bias di ambil dari Pendingin bekas processor
  • Transistor NPN c945 dua buah.
  • Kotak PCB kecil bias membuat sendiri atau beli
  • Kotak/box bekas powersupply dari  komputer AT atau ATx
  • Alat pendukung seperti solder, timah, tang kecil dll

Jika bahan- bahan di atas sudah siap semua kalian bisa memulai membuat inverter DC 12 v ke AC 220 v 1000 WATT dengan skema rangkaian di bawah ini:

Cermati gambar skema di atas lalu ikuti petunjuk di bawah ini:
  1. Mulailah merakit mengikuti skema di atas
  2. Setelah itu hubungkan TR power ke trafo CT 12 V 3 sampai 10 ampere
  3. Masukkan tegangan sebesar 12V DC untuk mencoba plipop bekerja atau tidak dengan ampere yang kecil
  4. Lihat rangkaian jika terjadi short circuit maka coba di benahi rangkaian pada TR mosfet dengan trafo namun jika plipop bekerja ukur tegangan output menggunakan tester nilainya harus 220V lebih besar atau pas 220v
  5. Langkah terakhir untuk meyakinkan rangkaian inverter DC 12v ke AC 220V benar maka pasang lampu dengan spesifikasi 220v/5watt lalu nyalakan inverter jika lampu menyala maka kalian sudah sukses membuat inverter rangkaian kecil namun memiliki effect besar.

Untuk mengamankan rangkaian inverter saya anjurkan lengkapi dengan saklar fuse/sikiring dll. Setelah sumua taambahan siap lanjutkan menggunakan kotak/box bekas dati power suplay ATx computer tadi untuk memperbagus rangkaian inverter.

Hasil rangkaian inverter:

Fungsi komponen pada rangkaian inverter:
  • Rangkaian plipop, terdiri dari dua buah transsitor C945 yang di pakai untuk memancing/mengumpan OSCILATOR dengan F kurang lebih 50 hz sampai dengan 60 hz pada mosfet transistor power yang di kerjakan secara pushfull pada L sekunder trafo CT 12V-220V.
  • ON/OFFtransistor pushfull, rangkaian ini akan menghasilkan medan magnet yang di pakai untuk pembangkit listrik pada kumparan/lilitan primer trafo 12V sampai 220V maka dari itu lilitan primer tersebut akan mengeluarkan tegangan sebesar 220V AC dengan bentuk gelombang kotak jangan di gunakan/anjurkan untuk menghidupkan motor listrik AC


Sekiranya sudah cukup jelas untuk membuat inverter DC 12v ke AC 220V bila ada kesalahan bisa di koment di bawah ini untuk memperbaiki tapi sudah saya coba sudah sukses dan lancar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inverter 12 Volt DC Menjadi 220 Volt AC 1000 Watt dari Barang Bekas