Cara Menggulung Dynamo Kipas Angin

Cara Menggulung Dynamo Kipas Angin

Cara menggulung dynamo kipas angin. Memperbaiki peralatan rumah tanpa membawanya ke tukang service merupakan hal yang menguntungkan misalnya saja memperbaiki gulungan kipas angin yang rusak . Di artikel ini saya akan mengajari sobat electro untuk menggulung dynamo kipas dengan benar.

Menggulung dynamo kipas merupakan awal pembelajaran merangkai  sepul dynamo jika kalian sudah mahir maka akan terbisa untuk memperbaiki gulungan-gulungan dynamo lainnya seperti mesin cuci, pompa air, genset, dan lain-lain.

Sebelum memulai merakit dynamo kipas siapkan beberapa alat bantu:
  • Alat gulung. tidak perlu bagus-bagus sederhana pun tak apa
  • Keren kipas angin.
  • 1 set sepul kipas angin
Setelah bahan sudah siap lalu perhatikan gambar di bawah ini:

KETERANGAN:
UNGU: gulungan utama, sepul ukuran 0,18mm, jumlah 700 lilitan/kumparan (kutub) x4
MERAH: Gulungan medium speed, sepul ukuran0,15mm, jumlah 150 lilitan/kumparan (kutub) x4
HIJAU: Gulungan low speed, ukuran0,15mm, jumlah 150 lilitan/kumparan (kutub) x4
BIRU: Gulungan starter, ukuran0,15mm, jumlah 450 lilitan/kumparan (kutub) x4

Gambar di atas merupakan arah gulungan serta jumlah gulungan yang harus di penuhi di setiap section maka dari itu perhatikan dengan cermat gambar tersebut sebelum memulainya dan jangan sampai lupa untuk memperhatikan koneksi dan sambungan di setiap pangkal dan ujung kawat/sepul.

Di harapkan teliti dalam jumlah lilitan di setiap kumpparan jika kalian melakukan kesalahan maka akan berpengaruh pada hasil putaran kipasnya nanti. Jika kalian ingin rangkaian dynamo awet bisa menambahkan lilitan kumparan 10% namun nantinya hasil putaran akan sedikit lambat.

Jika kalian kesulitan untuk memasukkan kawat sepul yang kecil di bagian-bagian keren kipas bisa menggunakan alat tambahan seperti bambu yang di buat tipis ujung untuk mencungkil kawat sepul lakukan dengan hati-hati jangan sampai rusak atau putus.

Rangkaian yang sudah jadi:

CATATAN:
Untuk kipas cina yang tebal kerennya hanya 1 sampai 1,2 cm kawat yang di gunakan 0,12mm dan jumlah lilitan sekitas 900-1200 lilitan. Untuk mengatur gulungan speed medium/low tidak lebih dari 20% dari lilitan yang kalian buat. Contoh total 1000 lilitan maka medium=200 lilitan low=200 lilitan sisanya untuk starter 600 lilitan. Saya ingatkan untuk memperbaiki kipas cina jarang awet di karenakan tebal kerennya yang kurang



Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara Menggulung Dynamo Kipas Angin

0 komentar:

Post a Comment

close