Cara mengganti batere tablet

Cara mengganti batere tablet

Terkadang yang namanya tablet buatan china, pasti memiliki kelemahan dari segi Power, termasuk batre yang cepat ngedrop atau batre yang rusak. Untuk mengatasi masalahnya tentu harus dilakukan penggantian terhadap batere yang ngedrop / rusak tersebut dengan batre yang masih baru.

Tanda - tanda batre ngedrop atau rusak bisa diperhatikan dari gejala - gejala berikut ini :

  • Tablet sering restart sewaktu di nyalakan.
  • Batre cepat habis sewaktu dimainkan.
  • Waktu Charge yang sangat cepat ( cepat full ). 
  • Dan gejala lainnya.

Tablet rata-rata menggunakan batre dengan kapasitas daya 2 - 3 A dan voltase 3.7 Volt, untuk mencari batere yang sesuai tentu harus di perhatikan kode - kode tersebut yang tertera di label dari batre tersebut. 

Batere tablet
Kerusakan yang terjadi pada tablet sering kali terjadi karena adanya masalah di adaptor charger nya apakah itu tidak sesuai ataupun memiliki amper yang kecil, Sebaiknya Jangan gunakan charger yang ukurannya lebih kecil dari spek baterai tablet, misalnya dibawah 3.7V dan arusnya dibawah 500mA. Ini justru akan menyedot arus dari baterai tablet, dan bahkan bisa merusak charger/tablet. Itulah sebabnya mengapa tablet IMO Tab X series sering tidak bisa dicas/ mati karena masalah charger yang buruk.

 Charger dibawah tidak bisa digunakan, justru akan mengosongkan/ merusak baterai tablet. Adaptor charger untuk baterai jenis nikel tidak cocok untuk baterai lithium polymer tablet. 

Berikut adalah gambar-gambar proses pergantian batere tabet dengan menggunakan batre nokia. 

Setelah casing tablet kita buka, tampak batre yang menempel pada body dengan menggunakan double tape
Cara mengganti batre tablet

Batere yang digunakan oleh tablet buatan china, rata-rata menggunakan dua jenis batere yang di rangkai seri

Cara mengganti batre tablet

Cara mengganti batre tablet

Batere tersebut di tempel dengan menggunakan double tip , 
jadi kudu hati-hati sekatu mengangkatnya
Setelah batere tercabut, lepaskan solderan yang menghubungkan kutup positif dan negatif dari batere, lalu siapkan penggantinya yaitu dua buah batere nokia. 

Cara mengganti batre tablet
Setelah itu hubungkan sesuai rangkaian sebelumnya. lalu bungkus dengan solatip untuk menghindari short circuit dan batere bisa ditempelkan pada tempatnya. Tutup casing dan tablet siap digunakan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cara mengganti batere tablet